Kepuasan pelanggan terhadap jasa
pelayanan PT Kereta Api Indonesia ( KAI)
Metodologi penelitian
3.1 Data
Hasil dari uji reliabitas dan
validitas menunjukan bahwa masing-masing indicator yang digunakan untuk
mengukur variable penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis uji validitas dan
realibitas indikator kualitas pelayanan dapat dilihat pada Tabel. 5
Perilaku responden tercermin dari alasan memilih menggunakan transportasi kereta api dapat ditelusuri pada table 4 :
3.2 eksplorasi data
Dalam
penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan
menganalisa kualitas kinerja PT KAI dengan mengukur kepuasan pelanggan, serta
melihat pengaruh dan hubunganya terhadap kecercayaan dan loyalitas pelanggan.
Populasi adalah seluruh pelanggan kereta api yang pernah menggunakan jasa
layanan PT KAI.
Sampel dalam penelitian ini adalah
orang yang berusia antara 15 – 60 tahun yang dalam 3 bulan terakhir ini minimal
telah 1 kali memanfaatkan jasa layanan kereta api. Sedangkan yang menjadi
responden adalah sampel yang terpilih saat peneliti berada di stasiun.
Jumlah
sampel yang diambil adalah sebanyak 400 pelanggan yang memenuhi kriteria dengan
perbandingan berdasarkan kelas pelanggan kereta api yang tersedia, yaitu
eksekutif. Bisnis, dan ekonomi. Dengan melihat jumlah penumpang dari yang
terkecil hingga yang terbesar maka perbandinganya secara berturut-turut
untuk kelas kereta api eksekutif : bisnis : ekonomi adalah sebesar 1 : 2 : 3. Jadi responden kelas eksekutif sejumlah 66
responden, responden kelas bisnis sejumlah 134 responden, dan responden kelas
ekonomi 200 responden.
Metode
pengambilan sample dilakukan dalam bentuk non-probability sampling, dimana
tidak semua anggota populasi memiliki kesempatan menjadi responden.
nama : Nindya Adriani
npm : 15209751
kelas : 3EA11
source : jurnal Manajemen Pemasaran vol. 4 no.1 April 2009 23-37
Tugas ini dberikan kepada Pak Prihantoro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar