Sabtu, 29 Oktober 2011

Analisis Jurnal Metode Riset Bab III



Kepuasan pelanggan terhadap jasa pelayanan PT Kereta Api Indonesia ( KAI)


Metodologi penelitian


3.1 Data


Hasil dari uji reliabitas dan validitas menunjukan bahwa masing-masing indicator yang digunakan untuk mengukur variable penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas.



Hasil analisis uji validitas dan realibitas indikator kualitas pelayanan dapat dilihat pada Tabel. 5

























 Perilaku responden tercermin dari alasan memilih menggunakan transportasi kereta api dapat ditelusuri pada table 4 :



















3.2 eksplorasi data


            Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan menganalisa kualitas kinerja PT KAI dengan mengukur kepuasan pelanggan, serta melihat pengaruh dan hubunganya terhadap kecercayaan dan loyalitas pelanggan. Populasi adalah seluruh pelanggan kereta api yang pernah menggunakan jasa layanan PT KAI. 


Sampel dalam penelitian ini adalah orang yang berusia antara 15 – 60 tahun yang dalam 3 bulan terakhir ini minimal telah 1 kali memanfaatkan jasa layanan kereta api. Sedangkan yang menjadi responden adalah sampel yang terpilih saat peneliti berada di stasiun.


            Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 400 pelanggan yang memenuhi kriteria dengan perbandingan berdasarkan kelas pelanggan kereta api yang tersedia, yaitu eksekutif. Bisnis, dan ekonomi. Dengan melihat jumlah penumpang dari yang terkecil hingga yang terbesar maka perbandinganya secara berturut-turut untuk kelas kereta api eksekutif : bisnis : ekonomi adalah sebesar 1 : 2 :  3. Jadi responden kelas eksekutif sejumlah 66 responden, responden kelas bisnis sejumlah 134 responden, dan responden kelas ekonomi 200 responden. 


                Metode pengambilan sample dilakukan dalam bentuk non-probability sampling, dimana tidak semua anggota populasi memiliki kesempatan menjadi responden.



nama : Nindya Adriani
npm   : 15209751
kelas  : 3EA11

source : jurnal Manajemen Pemasaran vol. 4 no.1 April 2009 23-37

 Tugas ini dberikan kepada Pak Prihantoro



Tidak ada komentar:

Posting Komentar