Sabtu, 22 Oktober 2011

Analisis Jurnal Metode Riset Bab II


Kepuasan pelanggan terhadap jasa pelayanan PT Kereta Api Indonesia ( KAI)


2.1 Landasan Teori


Menurut Philip Kotler (1997:36) Kepuasan konsumen atau pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

Kotler menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya, sedangkan Wilkie mendefinisikan kepuasan pelanggan sebagai suatu tanggapan emosial pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. (Tjiptono,1997).

Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen yang diperoleh setelah konsumen melakukan/menikmati sesuatu. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kepuasan konsumen merupakan perbedaan antara yang diharapkan konsumen (nilai harapan) dengan situasi yang diberikan perusahaan (perguruan tinggi) di dalam usaha memenuhi harapan konsumen. 


2.2 Tinjauan Riset Terdahulu


Di dalam penelitian ini melibatkan 400 responden dalam 3 kelompok berdasarkan kelas kereta api yang sering digunakan. Respnden terdiri dari pelanggan pria maupun wanita yang berusia antara 15-60 tahun, yang dalam 3 bulan terakhir minimal telah sekali menumpang kereta api yang berangkat dari Surabaya Gubeng. Sampel yang terpilih adalah 66 ( 17%) kelas eksekutif, 134 (34%) kelas bisnis, dan 200 (50%) kelas ekonomi.

Berikut ini adalah alas an dari para konsumen memilih kereta :










2.3  Pengembangan Hipotesis


Kepuasan pelanggan atau konsumen terhadap suatu produk atau layanan sebenarnya adalah sesuatu yang tidak mudah dirumuskan dan diukur skala tinggi rendahnya. Untuk produk atau layanan dengan kualitas yang sama, dapat memberikan tingkat kepuasan yang berbeda bagi konsumen yang berbeda. Berdasarkan tinjauan riset terdahulu, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pelanggan memilih menggunakan kereta api karena alas an biaya yang lebih murah, dan merasa lebih nyaman. Dan tujuan pelanggan menggunakan kereta api sebagian besar adalah untuk berlibur dan bekerja atau sekolah.


nama : Nindya Adriani
npm   : 15209751
kelas  : 3EA11

source :  
 
jurnal Manajemen Pemasaran vol. 4 no.1 April 2009 23-37



Tugas ini diberikan kepada Pak Prihantoro


Tidak ada komentar:

Posting Komentar