BAB 4
PENDAHULUAN
Evaluasi
alternatif sebelum pembelian
4.1 Kriteria Evaluasi
Di dalam menilai suatu produk yang
konsumen inginkan, konsumen memiliki beberapa kriterianya masing masing,
diantaranya : manfaat, harga, kualitas, serta pelayanannya. Dalam hal ini
konsumen akan memilih dari kriteria di atas dan menentukan mana produk yang memenuhi
kriteria dan tidak, sebelum dilakukan pembelian.
4.2 Penentuan
alternative pilihan
Dalam
proses pengambilan keputusan, konsumen harus melakukan pemecahan masalah dalam
kebutuhan yang dirasakan dan keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dengan konsumsi
produk atau jasa yang sesuai. Tiga (3) tingkatan dalam pemecahan ini;
-
Pemecahan
masalah yang mensyaratkan respons yang rutin.
Keputusan yang diambil tidak disertai dengan usaha yang cukup untuk mencari informasi dan menentukan alternatif. Kebiasaan berjalan secara otomatis, prilaku seseorang merupakan respon terhadap rutinitas karena dilakukan berulang-ulang seringkali tanpa disadari.
Keputusan yang diambil tidak disertai dengan usaha yang cukup untuk mencari informasi dan menentukan alternatif. Kebiasaan berjalan secara otomatis, prilaku seseorang merupakan respon terhadap rutinitas karena dilakukan berulang-ulang seringkali tanpa disadari.
-
Pemecahan
masalah dengan proses yang tidak berbelit-belit (terbatas). Pemecahan masalah ini menyebabkan seseorang tidak
peduli dengan ada tidaknya informasi dengan menggunakan criteria yang kurang
lebih sudah terbentuk, untuk mengevaluasi kategori produk dan mereknya. Tidak
mengevaluasi setiap atribut dan fitur produk dalam memilih mana yang sesuai
dengan kebutuhannya
-
Pemecahan
masalah yang dilakukan dengan upaya yang lebih berhati-hati dan penuh
pertimbangan.
Di tingkat ini konsumen memerlukan
informasi yang relative lengkap untuk membentuk criteria evaluasi dari kriteria
yang baku .
4.3 Menaksir alternatif
pilihan
Dalam menaksir suatu
alternatif dari pilihan yang ada maka konsumen harus memikirkan resiko yang
akan diterima apabila konsumen memilih alternatif tersebut, dan meninggalkan alternatif
lain yang ada.
4.4 Menyeleksi aturan
pengambilan keputusan
Dalam
menyeleksi aturan pengambilan keputusan terdapat suatu hal yang perlu
diperhatikan, yang paling utama adalah yang paling penting dalam memenuhi berbagai
kriteria yang dapat dicapai oleh produk tersebut agar dapat memuaskan konsumen.
PEMBAHASAN
Pembelian berjalan melalui dua fase, yaitu konsumen
memutuskan apakah membeli atau tidak. Mungkin ia harus melalui tiga fase
sebelum membuat keputusan membeli atau tidak produk tertentu sesuai rencananya.
Tetapi konsumen terkadang membeli sesuatu yang berbeda dari apa yang telah
diniatkan sbelumnya. Konsumen mungkin telah memilih satu took, tapi bisa
berubah karena promosi penjualan dari pesaing atau karena sales promotion girl dari toko pesaing yang membuatnya tergoda
untuk pergi ke toko pesaing. Oleh karena itu, manajer yang baik harus dapat
mengatur semua atribut dan image yang dapat mempengaruhi konsumen.
PENUTUP
Kesimpulan
dan saran
Perlu adanya
evaluasi sebelum melakukan pembelian agar dapat diketahui, tujuan dari
dilakukan pembelian tersebut, apakan suatu produk yang dibeli oleh kita
bermanfaat atau tidak dan supaya diketahui nilai manfaat dari barang tersebut.
BAB 5
PENDAHULUAN
Pembelian
5.1 Proses keputusan
membeli
Keputusan
adalah suatu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Bila
seseorang dihadapkan pada dua pilihan, yaitu membeli dan tidak membeli tapi
memilih membeli, maka dia ada dalam posisi membuat keputusan. Semua orang
mengambil keputusan setiap hari dalam hidupnya tanpa disadari. Dalam proses
pengambilan keputusan, konsumen harus melakukan pemecahan masalah dalam
kebutuhan yang dirasakan dan keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dengan
konsumsi produk atau jasa yang sesuai.
Proses pengambilan keputusan ada 5,
yaitu :
-
Pengenalan Kebutuhan
-
Pencarian Informasi
-
Evaluasi Alternatif
-
Keputusan Membeli
-
Tingkah Laku Pasca Pembelian
Apabila
setelah konsumen menerima pengaruh dalam kehidupannya maka mereka sampai pada
keputusan membeli atau menolak produk. Pemasar dianggap berhasil kalau
pengaruh-pengaruh yang diberikannya menghasilkan pembelian dan atau dikonsumsi
oleh konsumen. Keputusan konsumen, tingkatan-tingkatan dalam pengambilan
keputusan, serta pengambilan keputusan dari sudut pandang yang berbeda bukan
hanya untuk menyangkut keputusan untuk membeli, melainkan untuk disimpan dan
dimiliki oleh konsumen.
5.2 Memilih alternatif terbaik
Di dalam membuat keputus sebaiknya seseorang memikirkan alternatif
yang terbaik, dari pilihan-pilihan yang ada.
Aspek-aspek
pemilihan keputusan:
1. Produk yang murah - Produk yang lebih mahal
2.Pembelian
yang sering - Pembelian yan jarang
3.Keterlibatan rendah - Keterlibatan tinggi
4.Kelas produk dan merek kurang terkenal- Kelas produk dan merek terkenal
5.Pembelian dengan pertimbangan dan - Pembelian dengan pertimbangan
6.pencarian yang kurang matang. dan pencarian intensif
3.Keterlibatan rendah - Keterlibatan tinggi
4.Kelas produk dan merek kurang terkenal- Kelas produk dan merek terkenal
5.Pembelian dengan pertimbangan dan - Pembelian dengan pertimbangan
6.pencarian yang kurang matang. dan pencarian intensif
5.3
Memilih sumber-sumber pembelian
Tahap yang merangsang
konsumen untuk mencari informasi lebih banyak, konsumen
mungkin hanya meningkatkan perhatian atau mungkin aktif mencari informasi dari sumber-sumber atau beberapa alternatif.
mungkin hanya meningkatkan perhatian atau mungkin aktif mencari informasi dari sumber-sumber atau beberapa alternatif.
·
Sumber
pribadi :
keluarga, teman, tetangga, kenalan
·
Sumber komersial : Iklan, wiraniaga,
agen, kemasan, pajangan
·
Sumber
publik
: media massa, organisasi penilai konsumen
·
Sumber pengalaman : penanganan, pemeriksaan dan menggunakan
produk
PEMBAHASAN
Untuk mengatasi penipuan di
tokobagus contoh kasus penipuan di tokobagus - Penipuan di tokobagus ini membuat kita semua merasa kawatir untuk
berbelanja secara online, sekarang toko bagus telah mengiklan situs mereka di
tv, saya berharap tidak membuat para penipu berbondong-bondong datang kesitus
toko bagus ini, nama toko bagus jadi jelek jika banyak kasus penipuan yang
terjadi di sini.
Contoh kasus 1 :
Kasus ini di ambil dari postingan F David Talalo, di Forum fotografer.net
Baru baru ini saya tergiur dengan iklan penawaran kamera digital SLR di situs tokobagus.com disitu ditawarkan oleh seorang pengiklan bernama charles zhang yg berdomisili di medan, kamera Nikon D200 body only hanya seharga 2,8jt.
Bodohnya, saya terlanjur mentransfer uang sejumlah 2,8jt ke rekening milik bpk.Syukran. baru kemudian setelah itu konfirmasi dari pihak mall di medan menyatakan bahwa toko itu sudah tutup. barang tidak sampai, nota pembelian pun tidak difax.
PENUTUP
Kesimpulan dan Saran
Sebaiknya
sebelum melakukan pembelian dipikirkan secara matang dahulu, lalu cari
informasi tentang si penjual, apalagi kalau melakukan pembelian secara online
sebaiknya lebih berhati-hati lagi, karena sekarang-sekarang ini banyak motif
penipuan yan dilakukan secara pembelian online.
BAB 6
PENDAHULUAN
Sumber daya konsumen dan
penjualan
6.1 Sumber daya ekonomi
Sumber
daya ekonomi adalah sumber daya alam yang bisa habis dalam jangka pendek jika
digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat laun akan dapat
diganti melalui proses alamiah misalnya ; pohon-pohon di hutan, rumput di
padang rumput, deposit air tanah, udara segar dan lain-lain Sumberdaya alam ini
keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka untuk
mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah. Namun demikian
penting untuk diperhatikan aspek ketersediaan termasuk daya dukungnya terhadap
mobilitas pembangunan daerah, karena apabila sumberdaya alam dengan 3 kategori
ini dimanfaatkan dengan tidak bijaksana dan arif maka sudah barang tentu
stagnasi dan kemunduran dinamika pembangunan ekonomi wilayah akan semakin cepat
menjelma atau merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan.
Disamping
komponen sumberdaya alam, pada saat ini peranan sumberdaya manusia (human
resources) dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi termasuk pembangunan
ekonomi daerah semakin signifikan. Faktor sumberdaya manusia ini telah
menghadirkan suatu proses pemikiran baru dalam telaah teori-teori pembangunan
ekonomi, yang menempatkan sumberdaya manusia sebagai poros utama pembangunan
ekonomi baik dalam skala global, nasional maupun daerah. Strategi pembangunan
ekonomi yang berbasis pada pengembangan sumberdaya manusia dianggap sangat relevan
dan cocok dengan kondisi dan karakter pembangunan ekonomi terutama di
negara-negara berkembang.
6.2 Sumber daya sementara
Sumber
daya sementara adalah suatu sumber daya yang bersifat sementara saja. Waktu
menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen, karena
konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada
suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu
waktu senggang.
6.3 Sumber daya kognitif
Sumber
daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia
dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada
kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata skema tentang
bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya— dalam tahapan-tahapan
perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan
informasi secara mental.
6.4 Tanggungan pengetahuan
Pengetahuan
produk meliputi :
-
Kesadaran mengenai katagori dan merek produk.
-
Terminologi produk
-
Atribut atau ciri produk
- Kepercayaan
tentang katagori produk secara umum dan mengenai merek spesifik.
6.5 Organisasi pengetahuan
Sistem
pengetahuan organisasi Digunakan untuk Mengatur bahan-bahan untuk tujuan
pengambilan dan untuk mengelola koleksi. Sebuah KOS berfungsi sebagai jembatan
antara kebutuhan informasi pengguna dan materi dalam koleksi. Sebuah berfungsi
KOS Sebagai jembatan antara kebutuhan pengguna informasi dan materi dalam
koleksi. Dengan itu, pengguna harus dapat mengidentifikasi objek menarik tanpa
pengetahuan sebelumnya keberadaannya. Dengan itu, pengguna harus dapat
mengidentifikasi objek menarik tanpa pengetahuan sebelumnya keberadaannya. Baik
melalui browsing atau mencari langsung, baik melalui tema pada halaman Web atau
situs mesin pencari, para KOS membimbing pengguna melalui proses penemuan. Baik
melalui mencari atau browsing langsung, baik melalui tema pada halaman Web atau
situs mesin pencari, para KOS membimbing pengguna melalui proses penemuan.
Selain itu, Koss mengijinkan penyelenggara untuk menjawab pertanyaan mengenai
cakupan pengumpulan dan apa yang dibutuhkan untuk melengkapi itu.
Semua perpustakaan digital menggunakan satu atau lebih KOS. Semua perpustakaan digital Menggunakan satu atau lebih KOS. Sama seperti di perpustakaan fisik, para KOS dalam perpustakaan digital memberikan gambaran umum isi koleksi dan mendukung pengambilan. Sama seperti di perpustakaan fisik, ayat dalam perpustakaan digital KOS Memberikan gambaran umum isi koleksi dan mendukung pengambilan. Mungkin skema KOS tradisional yang relevan dengan ruang lingkup materi dan audiens yang diharapkan untuk perpustakaan digital (seperti Sistem Desimal Dewey atau INSPEC Thesaurus), sebuah skema yang dikembangkan secara komersial seperti Yahoo atau Excite kategori, atau lokal mengembangkan skema untuk intranet perusahaan. Mungkin skema KOS tradisional yang relevan dengan materi dan Ruang Lingkup audiens yang diharapkan untuk perpustakaan digital (seperti Sistem Desimal Dewey atau INSPEC Thesaurus), sebuah skema yang dikembangkan secara komersial seperti Yahoo atau Excite kategori, atau mengembangkan skema lokal untuk intranet perusahaan.
PEMBAHASAN
Review dari beberapa sistem organisasi pengetahuan khas menunjukkan ruang lingkup dan penerapan mereka ke berbagai pengaturan perpustakaan digital. Walaupun ada definisi khusus untuk banyak Koss ini di ilmu komputer dan informasi ilmu sastra, dan bahkan dalam dokumen standar, ada perdebatan mengenai definisi ini. A review dari pengetahuan organisasi Beberapa sistem khas menunjukkan Ruang Lingkup dan Penerapan mereka ke berbagai Pengaturan perpustakaan digital. Walaupun ada definisi khusus untuk banyak Koss ini di ilmu komputer dan informasi ilmu sastra, dan Bahkan dalam dokumen standar, ada Perdebatan mengenai definisi ini. Istilah yang sering digunakan, terutama dalam pers populer dan dalam perdagangan buku, dalam cara yang tidak standar. Istilah yang sering Digunakan, terutama dalam pers populer dan dalam perdagangan buku, dalam cara yang tidak standar.
Review dari beberapa sistem organisasi pengetahuan khas menunjukkan ruang lingkup dan penerapan mereka ke berbagai pengaturan perpustakaan digital. Walaupun ada definisi khusus untuk banyak Koss ini di ilmu komputer dan informasi ilmu sastra, dan bahkan dalam dokumen standar, ada perdebatan mengenai definisi ini. A review dari pengetahuan organisasi Beberapa sistem khas menunjukkan Ruang Lingkup dan Penerapan mereka ke berbagai Pengaturan perpustakaan digital. Walaupun ada definisi khusus untuk banyak Koss ini di ilmu komputer dan informasi ilmu sastra, dan Bahkan dalam dokumen standar, ada Perdebatan mengenai definisi ini. Istilah yang sering digunakan, terutama dalam pers populer dan dalam perdagangan buku, dalam cara yang tidak standar. Istilah yang sering Digunakan, terutama dalam pers populer dan dalam perdagangan buku, dalam cara yang tidak standar.
Mencerminkan
lingkup praktik ini, baru-baru ini Organisasi Standar Informasi Nasional (NISO)
lokakarya di tesaurus elektronik menekankan perlunya untuk meningkatkan
definisi dari “terminologi yang berhubungan dengan terminologi” (NISO 1999).
Lingkup mencerminkan praktik ini, baru-baru ini Organisasi Informasi Standar
Nasional (NISO) Lokakarya di tesaurus elektronik Perlunya untuk Meningkatkan
menekankan definisi dari “Terminologi yang berhubungan dengan Terminologi”
(NISO 1999).
PENUTUP
Kesimpulan dan Saran
Sebaiknya Sumber Daya - sumber
daya yang ada di bumi ini terutama di Indonesia dilestarikan dengan baik, supaya
generasi-generasi yang selanjutnya dapat menikmati Sumber daya tersebut dengan
baik juga, dan supaya bumi ini juga dapat bertahan lama. Baik sumber daya alam
maupun sumber daya manusianya.
source :
Nama : Nindya Adriani
NPM : 15209751
Kelas : 3EA11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar