Bab IV
Hasil dan Pembahasan
*Deskripsi
Dalam melakukan penelitian ini jumlah
sampel yang diambil adalah sebanyak 400 pelanggan yang memenuhi kriteria dengan
perbandingan berdasarkan kelas pelanggan kereta api yang tersedia, yaitu
eksekutif. Bisnis, dan ekonomi. Dengan melihat jumlah penumpang dari yang
terkecil hingga yang terbesar maka perbandinganya secara berturut-turut untuk
kelas kereta api eksekutif : bisnis : ekonomi adalah sebesar 1 : 2 : 3.
Jadi responden kelas eksekutif sejumlah 66 responden, responden kelas bisnis
sejumlah 134 responden, dan responden kelas ekonomi 200 responden.
*Hasil perhitungan
-
Kepuasan = 0,79 SERVQUAL +0,27 Perceive Value,
menunjukan bahwa kualitas layanan berhubungan positif ( 0,79 dengan nilai t =
9,34 ) dan sangat signifikan, dan presepsi tentang nilai ( 0,27 dengan nilai
t=4,13). Jadi apabila servqual dan Perceive Value meningkatpositif, maka akan
berdampak peningkatan kepuasan.
-
Kepercayaan =0,97 kepuasan, memberikan makna
bahwa, terdapat hubungan pengaruh positif (0,97 dengan t = 9,84) yang sangat
signifikan. Artinya makin puas antara kepuasan terhadap kepercayaan.
-
Loyalitas = 0,01 kepercayaan + 0,60 kepuasan,
memberikan makna bahwa kepercayaan memberikan pengaruh positif terhadap
loyalitas
*Analisis
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh langsung positif
secara signifikan antara servqual terhadap kepuasan, dan hasil penelitian juga
menunjukan pengaruh langsung positif secara signifikan antara perceived value
terhadap kepuasan
Bab V
Kesimpulan
*Intisari analisis
Darsono (2008), menggunakan trust
faction sebagai mediator, yang meneliti mengenai hubungan antara kualitas
pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan ditemukan bahwa antara kualitas
pelayanan terhadap kepercayaan memiliki pengaruh yang lebih signifikan daripada
antara kualitas layanan terhadap kepuasan.
*Saran
dan rekomendasi
Sebaiknya
dalam meningkatkan pelayanan terhadap para konsumen/ pelanggan PT KAI, harus
memperhatikan aspek-aspek seperti kebersihan, kenyamanan, serta kualitas dari
pelayanan tersebut, agar pelanggan tetap bersedia menjadi pelanggan tetap dari
PT. KAI.
*Kekurangan/kelemahan
Hasil
penelitian mengungkapkan bahwa product development stratery akan mencapai
ekuilibrium antara transportasi, permintaan dan penawaran. Fasilitas
transportasi seharusnya dapat memenuhi perkembangaan kebutuhan pasar yang
semakin meningkat. Selain itu ditemukan bahwa SCR lebih berorientasi pada
produk dibandingkan kepada pelanggan. Ditemukan juga bahwa terdapat
ketidakcocokan antara penyampaian jasa dengan janji yang diberikan perusahaan
melalui promosi-promosi sebagai salah satu akibat ketidak puasan
pelanggan/konsumen.
*Usulan/Rekomendasi
riset selanjutnya
Usulan / rekomendasi untuk
penelitian berikutnya agar mengkaji mengenai fasilitas transportasi yang
seharusnya dapat memenuhi perkembangan kebutuhan pasar yang semakin meningkat
ini.
Nama : Nindya Adriani
NPM : 15209751
Kelas : 3EA11
Tugas ini diberikan kepada : Pak Prihantoro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar