Minggu, 06 November 2011

Metode Riset Bab IV dan V


Bab IV
Hasil dan Pembahasan

*Deskripsi

Dalam melakukan penelitian ini jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 400 pelanggan yang memenuhi kriteria dengan perbandingan berdasarkan kelas pelanggan kereta api yang tersedia, yaitu eksekutif. Bisnis, dan ekonomi. Dengan melihat jumlah penumpang dari yang terkecil hingga yang terbesar maka perbandinganya secara berturut-turut untuk kelas kereta api eksekutif : bisnis : ekonomi adalah sebesar 1 : 2 :  3. Jadi responden kelas eksekutif sejumlah 66 responden, responden kelas bisnis sejumlah 134 responden, dan responden kelas ekonomi 200 responden. 

*Hasil perhitungan

-          Kepuasan = 0,79 SERVQUAL +0,27 Perceive Value, menunjukan bahwa kualitas layanan berhubungan positif ( 0,79 dengan nilai t = 9,34 ) dan sangat signifikan, dan presepsi tentang nilai ( 0,27 dengan nilai t=4,13). Jadi apabila servqual dan Perceive Value meningkatpositif, maka akan berdampak peningkatan kepuasan.

-          Kepercayaan =0,97 kepuasan, memberikan makna bahwa, terdapat hubungan pengaruh positif (0,97 dengan t = 9,84) yang sangat signifikan. Artinya makin puas antara kepuasan terhadap kepercayaan.
-          Loyalitas = 0,01 kepercayaan + 0,60 kepuasan, memberikan makna bahwa kepercayaan memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas


*Analisis

Hasil penelitian  membuktikan bahwa terdapat pengaruh langsung positif secara signifikan antara servqual terhadap kepuasan, dan hasil penelitian juga menunjukan pengaruh langsung positif secara signifikan antara perceived value terhadap kepuasan



Bab V 

Kesimpulan

*Intisari analisis

Darsono (2008), menggunakan trust faction sebagai mediator, yang meneliti mengenai hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan ditemukan bahwa antara kualitas pelayanan terhadap kepercayaan memiliki pengaruh yang lebih signifikan daripada antara kualitas layanan terhadap kepuasan.

*Saran dan rekomendasi

Sebaiknya dalam meningkatkan pelayanan terhadap para konsumen/ pelanggan PT KAI, harus memperhatikan aspek-aspek seperti kebersihan, kenyamanan, serta kualitas dari pelayanan tersebut, agar pelanggan tetap bersedia menjadi pelanggan tetap dari PT. KAI.

*Kekurangan/kelemahan

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa product development stratery akan mencapai ekuilibrium antara transportasi, permintaan dan penawaran. Fasilitas transportasi seharusnya dapat memenuhi perkembangaan kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Selain itu ditemukan bahwa SCR lebih berorientasi pada produk dibandingkan kepada pelanggan. Ditemukan juga bahwa terdapat ketidakcocokan antara penyampaian jasa dengan janji yang diberikan perusahaan melalui promosi-promosi sebagai salah satu akibat ketidak puasan pelanggan/konsumen.

*Usulan/Rekomendasi riset selanjutnya

Usulan / rekomendasi untuk penelitian berikutnya agar mengkaji mengenai fasilitas transportasi yang seharusnya dapat memenuhi perkembangan kebutuhan pasar yang semakin meningkat ini.

 Nama : Nindya Adriani
NPM : 15209751
Kelas : 3EA11
 Tugas ini diberikan kepada : Pak Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar