Tema : Kualitas pselayanan
kesehatan di masyarakat
Judul 1 : Pengaruh kualitas
pelayanan kebersihan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas 1 di RSU
daerah umum gunung jati Cirebon Tahun 2009 oleh : Tuti Soleha
Judul
2 : Pengaruh kualitas pelayanan apotik terhadap tingkat kepuasan pasien di
rumah sakit umum daerah kota Yogyakarta Tahun 2008 oleh : Nadia
Ayu wangi
Judul
3 : Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat perilaku pasien
di instalasi rawat inap RSU Surya Hudaha Denpasar Tahun 2008
Oleh : Luh Gede Wiwik Darmini
I Pengaruh
kualitas pelayanan kebersihan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas
1 di RSU daerah umum gunung jati Cirebon Tahun 2009 oleh : Tuti Soleha
Latar belakang masalah
Sampah dari Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Cirebon mulai
disadari sebagai bahan buangan yang dapat menimbulkan dampak kesehatan dan
sebagai mata rantai penyebaran penyakit menular baik terhadap pasien yang
tinggal, pengunjung, petugas rumah sakit itu sendiri maupun masyarakat
sekitarnya.
Masalah
Banyaknya buangan atau limbah yang dihasilkan Rumah Sakit Umum Daerah Gunung
Jati Cirebon mengakibatkan keluhan-keluhan dari pelanggan tentang ketidakpuasan
yang disebabkan oleh karena peran pelayanan kebersihan yang kurang
optimal khususnya pada bangsal perawatan seperti kejadian di lapangan yang
ditemukan penulis adanya buangan bekas makanan, minuman, puntung rokok, kondisi
kamar mandi/WC yang kurang bersih sehingga menyababkan bau yang tidak sedap dan
dari segi estetika tidak enak dipandang.
Tujuan
penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
kebersihan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas I di rumah Sakit
Umum Daerah Gunung Jati Cirebon.
Kesimpulan
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan rancangan cross
sectional, sampel yang digunakan untuk mewakili populasi sejumlah 70
responden,dari pasien rawat inap kelas I, adapun yang menjadi variabel
independent (bebas) adalah kualitas pelayanan kebersihan sedangkan yang menjadi
variabel dependen (terikat) adalah tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah
Sakit Umum Daerah Gunung Jati Cirebon. Pengambilan data diperoleh dengan
menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitas.Untuk menganalisis
hasil penelitian menganalisis hasil penelitian menggunakan tehnik analisis
regresi linier berganda dengan bantuan komputer program SPSS for windows
Release 12,0 dengan uji statistic menggunakan uji T, uji F, koefisien
korelasi (R) dan koefisien Determinasi (R²)Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskripsi kuantitatif dengan rancangan cross sectional,
sampel yang digunakan untuk mewakili populasi sejumlah 70 responden dan tingkat
kepuasans 68,4%
II Pengaruh
kualitas pelayanan apotik terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit umum
daerah kota Yogyakarta Tahun 2008 oleh Nadia Ayu wangi
Latar
belakang masalah
Rumah sakit merupakan bagian tak terpisahkan dari tatanan pelayanan kesehatan
di Indonesia, yang bertujuan untuk menyehatkan bangsa ini. Perlu dibentuk
jaringan kerjasama antara berbagai institusi kesehatan yang ada, baik dalam
kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pasien yang datang ke
rumah sakit untuk berobat akan mandapat diagnosis dari dokter dan sekaligus
mengambil obat di apotek.
Masalah
Baik tidaknya kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas apotek kepada
pasien mempengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Oleh sebab itu
kualitas pelayanan apotek harus diperhatikan secara mendalam
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan apotek
terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta,
serta mengetahui pengaruh faktor Responsiveness, Reliability, Assurance,
Emphaty, Tangibles terhadap tingkat kepuasan pasien di RSUD Kota
Yogyakarta.
Kesimpulan
Jenis penelitian yang dipakai peneliti adalah non eksperimen, bersifat
asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
dua variabel atau lebih, dengan rancangan penelitian cross sectional. Dari
populasi 2.237 pasien, peneliti mengambil sampel sebanyak 96 pasien kepuasan
pasien dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu sebesar 47,8%. Dimensi pelayanan
yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah pelayanan emphaty.
III Pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat perilaku pasien di instalasi
rawat inap RSU Surya Hudaha Denpasar Tahun 2008 Oleh : Luh Gede
Wiwik Darmini
Latar
belakang masalah
Pelayanan rawat inap merupakan pelayanan medis yang utama di suatu rumah sakit
dan merupakan tempat untuk interaksi antara pasien dan rumah sakit berlangsung
dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu rungan rawat inap harus bisa dibuat
senyaman mungkin agar pasien betahuntuk tinggal disana A
Masalah
Berdasarkan pencapaian indikator tersebut RSU Surya Husadha dikatakan baik dan
efisien. Namun kategori baik dan efisien tersebut menjadikan pertanyaan, apakah
hal ini disebabkan oleh faktor internal seperti kualitas pelayanan, apakah
disebabkan oleh faktor eksternal karena masyarakat pengguna jasa RSU Surya
Husadha tidak ada pilihan karena rumah sakit lainnya penuh, ataukah karena
faktor lain yang menyebabkan kinerja rumah sakit demikian baiknya.
Tujuan
penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan dan minat perilaku pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Surya
Husadha Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi
berganda dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian
adalah pasien rawat inap di Unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha
Denpasar sebanyak 135 orang.
Kesimpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan antara kualitas pelayanan spesifik (sarana fisik, admission,
perawat, dokter, kebersihan, discharge, dan makanan) dengan kepuasan
pasien di unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar. Ada pengaruh
yang signifikan antara kualitas pelayanan spesifik (sarana fisik, admission,
perawat, dokter, kebersihan, dan discharge) dengan minat perilaku pasien
di unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar. Dan tidak ada
pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan makanan dengan minat
perilaku pasien di unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar.
source skripsistikes.wordpress.com
Nama : Nindya Adriani
NPM : 15209751
Kelas : 3EA11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar